Komponen Panel Listrik yang Perlu Anda Ketahui

Komponen Panel Listrik – setiap bangunan baik gedung perkantoran, pabrik, perusahaan, hotel, sekolah bahkan rumah tangga biasanya membutuhkan panel listrik untuk menjaga keamanan pada distribusi listrik ke pengguna tersebut. Oleh karena itu, panel listrik menjadi salah satu cara yang paling tepat dan efektif dalam distribusi aliran listrik tersebut.

Tentu tanpa adanya distribusi aliran listrik yang bagus dan sesuai standar tentu akan menjadi masalah tersendiri, seperti anda perlu mengganti perangkat listrik berkali-kali karena pengaruh aliran listrik yang tidak stabil. Tidak hanya itu saja, arus listrik yang tidak stabil tersebut juga akan mengakibatkan resiko kebakaran akibat konsleting listrik.  Oleh karena itu, sebelum anda mengalami kerugian yang besar, pemasangan panel listrik dengan kualitas yang bagus menjadi salah satu hal yang harus dilakukan.

Apa itu Panel Listrik?

Panel listrik adalah alat yang terbentuk dari susunan komponen listrik yang ditata dan mempunyai fungtsi untuk media control dalam hal memudahkan perawatan dan pemeriksaan arus listrik. Dengan adanya panel listrik ini, akan meminimalisir potensi konsleting listrik dan juga kerugian-kerugian yang lainnya.

Untuk membuat atau merangkai panel listrik tersebut memang bisa dibuat sendiri hanya saja hal tersebut terlalu beresiko. Oleh Karena itu, mempercayakan kepada jasa pembuatan panel listrik professional bisa menjadi pilihan yang tepat. Ulindo Citra Bersama bisa menjadi solusi permasalahan panel listrik anda. Ulindo merupakan jasa pembuatan panel listrik yang berstandard, bersetifikasi dan tentunya professional. Menggunakan jasa tersebut, namun anda juga perlu mengetahui komponen-komponen listrik tersebut.

Komponen Panel Listrik

Untuk memahami fungsi dari komponen panel listrik tersebut, anda bisa memperhatikan penjelasannya sebagai berikut.

MCB

Merupakan singkatan dari Miniature Circuit Board yang menjadi bagian dari panel listrik dan mempunyai fungsi sebagai pembatas arus listrik dari naiknya daya listrik yang sering melebihi batas. Komponen panel listrik ini mempunyai batas nominal kecil hingga kurang dari 100 ampere.

MCCB

Singkatan dari Moulded Case Circuit Breaker yang mempunyai fungsi sebagai pembatas arus apabila beban melebihi batas. Jika dilihat dari fungsinya hampir sama seperti MCB hanya saja, komponen ini bisa menanggung beban yang lebih besar hingga lebih dari 1600 ampere.

GFCI

Singkatan dari Ground Foult Circuit Interruption. Komponen ini semacam circuit breaker yang bisa bekerja lebih cepat daripada MCB. Untuk fungsinya, komponen ini mempunyai fungsi untuk memantau arus listrik secara rinci apabila terdapat arus pendek atau ada kabel yang terkelupas.

Grounding

Merupakan komponen panel listrik yang mempunyai fungsi sebagai pengaman arus listrik. Jika terjadi kabel yang terkelupas dan terkena body alat elektronik, tentu akan menimbulkan sensasi sengatan pada tubuh manusia.  Namun dengan adanya grounding tersebut, arus liar tersebut akan bisa dikendalikan dengan mudah.

CT

Singkatan dari current transducer yang merupakan komponen panel listrik dari baja yang berbentuk lingkaran merah dan ditengahnya mempunyai lubang.  Alat iini mempunyai fungsi untuk menurunkan tegangan atau arus pada box panel tersebut.

Itulah 5 komponen panel listrik yang bisa anda ketahui. Jika anda membutuhkan jasa purifikasi minyak trafo, maka kami, PT.Ulindo Cipta Bersama, siap membantu anda. Perusahan kami bergerak di bidang jasa treatment oli trafo, purifikasi oli trafo, pembuatan panel listrik, maintanance trafo dan panel, electrical, treatment oil transformer, treatment oil trafo, dan mechanical.