trafo step up di Jatiasih

Penjelasan Tentang Transformator Listrik dan Kegunaannya

Apakah Anda sudah tahu tentang trafo listrik? Transformator Listrik atau masyarakat biasa menyebutnya dengan trafo listrik merupakan peralatan listrik yang mengubah bentuk energi listrik menjadi suatu bentuk listrik yang lainnya. Tegangan dari listrik yang dihasilkan oleh Trafo Listrik ditentukan oleh kebutuhan energi listrik.

Pada umumnya, Trafo berbentuk kumparan dari kawat yang dililitkan pada suatu benda besi. Selain itu terdapat dua jenis kumparan, yaitu kumparan primer dan juga kumparan sekunder. Untuk kumparan primer adalah satu sisi inti besi dan menjadi tempat keluar masuknya arus listrik. Sedangkan kumparan sekunder merupakan lilitan sisi lainnya dari inti besi menjadi tempat keluar masuknya arus listrik.

Macam-Macam Jenis Transformator Listrik

Trafo Listrik mempunyai fungsi yaitu dapat mengubah besaran listrik suatu rangkaian. Adapun besaran utama yang diubah oleh sebuah Trafo Listrik adalah tegangan. Trafo sangat berfungsi untuk menurunkan tegangan atau menaikkan tegangan yang ada pada listrik. Berikut merupakan macam jenis trafo yaitu :

  • Trafo Step Up

Jenis trafo yang berfungsi meningkatkan level tegangan Ac atau menaikkan dari taraf rendah menuju ke taraf yang lebih. Di tegangan ini dapat ditingkatkan dengan cara memperbanyak lilitan pada kumparan sekundernya, sehingga jumlah lilitan kumparan sekunder lebih sedikit. Namun biasanya trafo listrik step up ini digunakan sebagai penghubung trafo generator menuju grud yang ada di dalam tegangan listrik.

  • Trafo Step Down

Jenis atau trafo step down yang memiliki fungsi sebagai menurunkan tegangan listrik, Jenis trafo step down ini mudah untuk kita temui di toko terdekat atau toko elektronik yang biasa menjual trafo 1 ampere, trafo 2 ampere, trafo 3 ampere, trafo 4 ampere, dan trafo 5 ampere serta berbagai trafo lainnya.

  • Trafo Satu Fasa

Jenis trafo yang satu ini merupakan jenis trafo daya yang menggunakan arus bolak balik satu fasa yang artinya bergantung pada siklus tegangan yang beroperasi dalam satu fasa waktu yang terintegrasi. Trafo satu fasa ini memiliki dua jenis kumparan, yaitu kumparan primer yang diberikan supply AC dan kumparan sekunder yang di hubungkan dengan beban. Trafo Listrik biasanya digunakan untuk inverter domistik dan untuk power supply di daerah non perkotaan.

  • Trafo Tiga Fasa

Sedangkan trafo jenis ini biasa nya digunakan untuk mengubah atau mengatur tegangan sistem elektronik dengan arus listrik yaitu tiga fasa. Trafo ini biasa digunakan untuk membangkitkan listrik dan mendistribusikan sesuai dengan penggunaan daya. Karena di dalam trafo tiga fasa terdapat tiga set kumparan yaitu kumparan primer dan sekunder yang akan digabungkan untuk membentuk satu unit lengkap dalam konfigurasi start atau delta.

Komponen Komponen dari Tranformator

Setelah mengenal tentang trafo yang berperan sebagai pengubah tegangan arus listrik agar konsisten jika disambungkan dengan benda elektronik. Namun, apakah Anda sudah tahu komponen-komponen dari trafo listrik? Transformator mempunyai komponen utama terdiri dari tiga bagian penting yaitu berupa :

  1. Kumparan Primer

Kumparan primer adalah kumparan lilitan trafo yang dihubungkan ke input power supply. Pada Trafo step down kumparan primer memiliki banyak kumparan dari pada trafo sekunder. Akan tetapi ketebalannya lebih kecil dari pada kumparan sekunder. Dalam trafo step up, kumparan primer lebih sedikit dari pada kumparan sekunder tetapi ketebalannya lebih dari kumparan sekunder.

  1. Kumparan Sekunder

Kumparan sekunder merupakan sebuah kumparan yang akan dihubungkan ke beban. Pada trafo step down kumparan sekunder memiliki lilitan yang lebih sedikit dari pada kumparan primer tetapi memiliki ketebalan yang lebih banyak. Pada transformator step up, lilitan sekunder memiliki banyak lilitan dari pada belitan primer tetapi memiliki ketebalan yang lebih sedikit.

  1. Inti Besi ( Inti Magnetic)

Inti besi atau inti magnetic ialah dimana kumparan primer dan sekunder trafo terluka atau (wounded). Fungsi trafo adalah untuk mengantarkan fluks magnet yang berasal dari kumparan primer ke kumparan sekunder. Sifat inti trafo merupakan keengganan rendah dan resistensi tinggi. Pada umumnya, semua inti dari trafo dibuat dengan laminasi untuk meghilangkan rugi arus yang diberikan.

Kesimpulan yang dapat kita temukan yaitu trafo listrik merupakan sebuah benda yang berfungsi mengubah tegangan arus listrik yang dapat disesuaikan dari tegangan tinggi atau tegangan rendah. Trafo dapat kita gunakan di berbagai benda yang ada di sekitar kita berupa tv, kulkas, dan lain sebagainya. Benda tersebut menggunakan trafo 5 ampere yang dapat kita beli di toko elektrik terdekat. Untuk mengetahui Harga Trafo 5 Ampere kunjungi website berikut ulindocitrabersama.com. Atau hubungi kontak kami melalui kontak berikut ini 081386938886.